MANUSIA HIDUP DALAM RUANG, WAKTU, PERUBAHAN, DAN KEBERLANJUTAN

Sejarah tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia dan bahkan berkembang sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia dari tingkat yang sederhana ke tingkat yang lebih maju atau modern

1.Manusia hidup dan beraktivitas dalam ruang dan waktu
Apabila kita kaitkan pengertian syajaratun dengan kehidupan manusia, dapatlah mengandung arti bahwa manusia itu hidup akan terus bergerak tumbuh seiring perjalanan waktu dan tempat atau ruang di mana dia berada. Kehidupan bukanlah sesuatu yang diam atau statis, tetapi sesuatu yang terus-menerus tumbuh dan berkembang. Sebagai contoh, manusia dalam kehidupannya mengalami fase-fase tertentu, yaitu fase di dalam kandungan, lahir, bayi dan anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Fase-fase kehidupan tersebut menunjukkan adanya kesinambungan dalam kehidupan manusia. Kesinambungan itu terjadi karena manusia dalam kehidupannya diikat oleh waktu dan ruang.
Ada masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang, ketiga-tiganya menunjukkan adanya kesinambungan. Masa lalu akan menentukan masa sekarang, dan masa sekarang akan menentukan masa depan.Waktu dalam pengertian ini dapat diartikan jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan bentuk waktu yang lainnya. Ruang adalah tempat di mana manusia itu tinggal, misalkan di desa, kota, kampung, dusun, dan lain-lain. Dengan uraian contoh tersebut, dapatlah dinyatakan bahwa ciri penting dari sejarah adalah adanya konsep waktu dan ruang. Jadi, sejarah pada dasarnya bukan hanya bicara masa lalu, sejarah pada dasarnya berbicara kehidupan manusia dalam konteks waktu dan ruang.

2.Manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan
Selain membahas manusia/masyarakat,sejarah juga melihat hal yang lain yaitu waktu.Waktu menjadi konsep penting dalam ilmu sejarah. Konsep waktu dalam ilmu sejarah meliputi perkembangan,keberlanjutan/kesinambungan,pengulan dan perubahan. Disebut mengalami perkembangan apabila dalam kehidupan bermasyarakat terjadi gerak secara berturut – turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.Masyarakat berkembang dari masyarakat primitif sampai modern. Kesinambungan terjadi apabila suatu masyarakat baru hanya mengadopsi lembaga – lembaga lama.Sementara itu disebut pengulangan apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi di masa berikutnya. Sedangkan dikatan perubahan apabila dalam masyarakat terjadi perkembangan secara besar – besaran dalam waktu yang relatif singkat.Perubahan terjadi karena adanya pengaruh dari luar.

3.Kehidupan manusia masa kini merupakan akibat dari peubahan di masa lalu
Sartono kartodirjo,seorang sejarawan mengatakan bahwa mereka yang lupa akan masa lampaunya itu telah kehilangan identitas dan oleh karena itu dapat membahayakan masyarakat di sekitarnya. Peristiwa sejarah berisi perubahan dalam kehidupan manusia. Sejarah mempelajari aktivitas manusia dalam konteks waktu. John Dewey, pemikir pendidikan asal AS, menganjurkan sejarah harus bersifat instrumental dalam memecahkan masalah masa kini atau sebagai pertimbangan program aksi masa kini. Sejarah bertugas menelusuri perubahan yang terjadi dalam kurun waktu tertentu. Perubahan yang terjadi pada masa lalu memberikan pengaruh pada kehidupan masa kini.


LihatTutupKomentar