Mengenal Axolotl, Hewan Lucu Yang Hidup Di Air, Bukan Ikan dan Bukan Juga Reptil

axolotl


Walaupun hewan ini semasa hidupnya dihabiskan dalam air, ternyata hewan ini tidak tergolong ke dalam ikan atau reptil. Axolotl memiliki nama ilmiah Ambystoma mexicanum adalah jenis salamander yang bisa menghabiskan masa hidupnya dalam bentuk larva. Salamander adalah salah satu ordo dari Kelas Amphibia, jadi Axolotl adalah amphibia yang memiliki kerabat dekat dengan katak dan kodok. Axolotl memiliki rata-rata panjang sekitar 15 cm hingga 30 cm. Warna tubuhnya rata-rata hitam atau coklat kepirangan ada juga warna albino. Dengan struktur wajah yang unik, hewan ini nampak seperti sedang tersenyum. Keunikan lain dari hewan ini adalah kemampuan regenerasi sel yang tinggi, jika kakinya putus maka kaki Axolotl dapat tumbuh lagi.

Axolotl memiliki wajah yang unik, tampak seperti sedang tersenyum


Axolotl merupakan hewan yang hidup soliter (menyendiri) sejak menetas dari telur. Mereka cenderung berdiam diri saat berenang, kecuali saat makan. Hewan ini aktif setiap saat. Salamander ini memakan apa saja yang dapat ditangkapnya. Beberapa jenis hewan yang diketahui menjadi makanannya adalah ikan, moluska dan arthropoda. 


Axolotl termasuk hewan yang terancam punah. Axolotl dikabarkan menghilang dari habitat alami di beberapa danau di Meksiko City. Axolotl mengalami ancaman dari semakin banyaknya pulau diubah untuk tempat kunjungan, sehingga air tempat habitatnya diserang limbah. Menurut sebuah survei pada tahun itu, ditemukan rata-rata 6.000 axolotl per kilometer persegi. Angka itu turun menjadi 1.000 dalam ukuran yang sama hanya dalam jangka lima tahun kemudian. Bahkan, pada 2008, semakin parah dengan rata-rata 100 axolotl dalam ukuran yang sama. walaupun begitu, Tovar Garza mengatakan, terlalu dini untuk mengatakan hewan itu telah punah dari habitat aslinya.





LihatTutupKomentar