TIPS Memilih Ikan Yang Masih Segar Ketika di Pasar Atau Penjual Keliling


Bagi kita yang lokasi rumahnya jauh dari pantai atau tempat Pelelangan ikan memang agak susah untuk memperoleh ikan laut yang masih segar. Akan tetapi kita harus pandai pandai memilih ikan yang masih segar, karena ikan yang sampai ke kita biasanya tidak semua segar. Berikut ini adalah TIPS Memilih Ikan Yang Masih Segar.

1. Dari Mata


Ikan yang masih segar memiliki struktur mata cerah dan menonjol jika di raba, sedangkan ikan yang sudah tidak segar lagi memiliki mata yang pudar dan tenggelam, tidak ada struktur yang menonjol.

2. Dari Insang


Ikan yang masih segar memiliki warna insang yang merah cerah, sedangkan ikan yang sudah tidak segar meiliki warna insang yang cokelat atau kelabu.

3. Dinding Perut


Ikan yang masih segar memiliki struktur dinding perut yang tegang dan tidak pecah, sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki struktur dinding perut yang lembek dan pecah sehingga isi perut keluar. Akan tetapi tidak semua ikan yang isi perutnya keluar sudah tidak segar lagi, kadang kadang bisa saja akibat tertumpuk oleh ikan lain atau tidak mempu menerima beban berat dari tumpukan ikan lain.

4. Kekuatan Sisik 


Ikan yang masih segar memiliki sisik yang masih kuat ketika di cabut, sedangkan ikan yang sudah tidak segar memiliki sisik ikan yang mudah di cabut.

LihatTutupKomentar