Beberapa Daftar Hewan Yang Telah Punah dari Muka Bumi

Di muka bumi ini tidak selamanya keberadaan hewan selalu dalam eksistensi yang stabil. Kepunahan hewan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah beberapa contoh hewan yang sudah punah:

1. Dinosaurus: 

Dinosaurus adalah kelompok hewan purba yang hidup sekitar 230 hingga 65 juta tahun yang lalu. Mereka telah punah sejak peristiwa kepunahan Kapur-Tersier, yang dianggap sebagai akibat dari tumbukan meteorit besar atau aktivitas vulkanik yang massif.


2. Mammoth 


Mammoth adalah mamalia raksasa yang mirip dengan gajah yang hidup pada zaman Pleistosen. Mereka punah sekitar 4.000 tahun yang lalu, kemungkinan karena perubahan iklim dan perburuan manusia.

3. Dodo


Dodo adalah burung yang endemik di pulau Mauritius. Mereka punah pada abad ke-17 setelah populasi mereka ditekan oleh aktivitas manusia, seperti perburuan berlebihan dan penghancuran habitat mereka.

4. Quagga


Quagga adalah spesies zebra yang dulunya hidup di Afrika Selatan. Mereka punah pada akhir abad ke-19 karena perburuan berlebihan oleh manusia.

5. Quetzalcoatlus


Quetzalcoatlus adalah jenis pterosaurus terbesar yang pernah ada. Mereka hidup pada zaman Mesozoikum dan punah bersama dengan dinosaurus.

6. Megalodon


Megalodon adalah hiu purba yang hidup sekitar 23 hingga 3,6 juta tahun yang lalu. Mereka adalah hiu terbesar yang pernah ada, namun punah karena sebab yang belum sepenuhnya dipahami.

7. Tazmanian Tiger (Tasmanian Wolf)


Tazmanian Tiger, juga dikenal sebagai Tasmanian Wolf, adalah marsupial karnivora yang hidup di Tasmania. Mereka punah pada tahun 1936 karena perburuan dan kehilangan habitat.

8. Passenger Pigeon


Passenger Pigeon adalah burung dengan populasi terbesar di dunia pada abad ke-19. Namun, mereka punah pada awal abad ke-20 karena perburuan komersial yang berlebihan dan perusakan habitat mereka.

9. Baiji Dolphin


Baiji Dolphin adalah jenis lumba-lumba air tawar yang ditemukan di Sungai Yangtze di Cina. Mereka dianggap punah pada tahun 2006 karena penangkapan yang berlebihan, polusi, dan kerusakan habitat.

10. Pyrenean Ibex


Pyrenean Ibex, juga dikenal sebagai bucardo, adalah jenis kambing yang berasal dari Pegunungan Pyrenees di Spanyol dan Prancis. Mereka dinyatakan punah pada tahun 2000 setelah individu terakhir mati.

11. Steller's Sea Cow


Steller's Sea Cow adalah mamalia laut raksasa yang ditemukan di perairan laut Bering. Mereka punah pada tahun 1768 karena perburuan berlebihan oleh manusia.

12. Great Auk


Great Auk adalah burung penguin yang hidup di wilayah Atlantik Utara. Mereka punah pada akhir abad ke-19 karena perburuan berlebihan untuk bulu mereka dan pemusnahan habitat.

13. Western Black Rhinoceros 


Western Black Rhinoceros adalah salah satu subspesies badak hitam yang ditemukan di Afrika Barat. Mereka dinyatakan punah pada tahun 2011 akibat perburuan ilegal untuk tanduk badak dan hilangnya habitat mereka.

14. Caribbean Monk Seal


Caribbean Monk Seal adalah spesies anjing laut yang ditemukan di Karibia. Mereka dinyatakan punah pada awal abad ke-20 karena perburuan berlebihan dan penangkapan yang tidak terkontrol.

Punahnya spesies hewan ini menggarisbawahi pentingnya konservasi dan perlindungan lingkungan. Upaya pelestarian dan pemeliharaan habitat alami menjadi sangat penting untuk mencegah kepunahan lebih lanjut dan mempertahankan keanekaragaman hayati di Bumi.

 


LihatTutupKomentar