Banyak Yang Belum Tahu, Ini Yang Akan Terjadi Jika Kita Meniup Makanan Atau Minuman Panas


Pasti setiap orang ketika hendak menyantap makanan atau minuman yang hendak disantap dalam keadaan panas pasti ditiup terlebih dahulu.  Atau ketika minum teh atau kopi panas, meniup minuman panas itu lalu meminumnya.

Banyak dari kita bahkan saya sendiri baru tahu bahwa Cara demikian tidaklah dibenarkan dalam Islam, kita dilarang meniup makanan atau minuman.

Dalam Hadits Ibnu Abbas disebutkan "Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya." (HR. At Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al- Albani).

Secara ilmiah hal ini dapat dijelaskan secara logis. Apabila kita hembuskan napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2, yaitu carbon dioxide, yang apabila bercampur dengan air H20, akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic.

Dan ingatlah juga bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas, hal ini juga dilarang. Nah, sekarang sudah tau kan hikmah dari hadist tersebut. Ternyata, jauh sebelum para ilmuwan menemukan teori ini, Rasulullah telah melarangnya terlebih dahulu. Meskipun tidak ada penjelasan layaknya ilmuwan jaman sekarang, tetapi apa yang beliau katakan sungguh luar biasa. 

Dikutip dari berbagai sumber 

LihatTutupKomentar