Sering Terabaikan, Ternyata Buah Kersen Banyak Manfaatnya Loh

manfaat bauh kersen

Manfaat buah kersen
Buah Kersen

Buah Kersen atau Seri banyak kita jumpai di pinggiran jalan atau pekarangan rumah. Pohonnya terkenal sangat rimbun dan cocok sebagai peneduh menjadi alasan pohon ini banyak di tanam. Padahal disamping itu, buahnya ternyata banyak manfaatnya loh. Berikut ini adalah rangkuman manfaat buah kersen diambil dari beberapa sumber.

1. Mencegah serta mengatasi konstipasi (sembelit)

Sembelit (Konstipasi) adalah keadaan dimana feses menjadi lebih padat sehingga sulit untuk dikeluarkan. Dalam 100 gram buah kersen, terkandung sekitar 13 gram serat yang baik untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Buah kersen memiliki serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan dengan menarik air ke dalam usus besar. Akibatnya, feses menjadi lebih lembut dan mudah dikeluarkan dari tubuh.


2. Mencegah infeksi penyakit

Buah kersen juga mengandung vitaminC yang bermanfaat untuk mencegah infeksi bibit penyakit, salah satunya penyakit flu. Saat mengonsumsi makanan atau suplemen vitamin C saat terkena flu diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi, seperti pneumonia atau infeksi paru-paru. Oleh sebab itu, biasanya ketika kita berobat biasanya selalu ditambah dengan vitamin C.


3. Menurunkan risiko serangan jantung

Buah kersen mengandung antioksidan. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.


4. Mengendalikan tekanan darah
Kandungan vitamin C dan protein di dalamnya, buah kersen bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Vitamin C dapat membantu melemaskan pembuluh darah, sehingga tekanan darah turun.


5. Mencegah penyakit kanker

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh yang memicu terjadinya penyakit kanker. Sebagai langkah pencegahan kanker, kita dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah kersen. Antioksidan mampu melawan radikal bebas berlebih dalam tubuh.


6. Menekan nafsu makan

Bagi yang ingin menjalankan program diet, buah kersen bisa dijadikan cemilan. Hal ini karena buah kersen dapat menekan nafsu makan karena mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 26 gram dalam 100 gram buah kersen.

Protein mampu mengurangi tingkat hormon yang memicu munculnya rasa lapar serta meningkatkan hormon kenyang. 


7. Mengatasi dan mencegah asam urat

Asam urat adalah radang sendi yang ditandai dengan pembengkakan dan diikuti rasa sakit. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah kersen dapat mencegah atau mengatasi penyakit ini. Hal ini karena vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.


8. Menurunkan risiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah gangguan otak yang kerap menyerang lansia. Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya ingatan serta menurunkan kemampuan kognitif secara perlahan. Mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa antioksidan dan antiradang diketahui dapat menurunkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer. Buah kersen diketahui mengandung kedua senyawa ini.


9. Meningkatkan pembakaran lemak

Asupan protein tinggi terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Hal ini tentunya baik untuk orang yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Sebagai buah yang tinggi kandungan protein, buah kersen dapat dimasukkan ke dalam menu diet harian guna mendukung program penurunan berat badan.


10. Menurunkan kadar kolesterol darah

Buah kersen diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat  dalam darah karena mengandung serat yang cukup tinggi. Makanan yang kaya akan serat telah terbukti dapat menurunkan kolesterol dengan cara mengikat empedu yang mengandung kolesterol berlebih, lalu mengeluarkannya dari tubuh.


11. Mencegah anemia

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Untuk mencegah kondisi tersebut, Anda dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah kersen. Vitamin C dalam buah kersen dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia. Zat besi berperan penting dalam menghasilkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

 




LihatTutupKomentar