MENGENAL DINOSAURUS BERLEHER PANJANG: BRONTOSAURUS


Brontosaurus adalah genus dinosaurus sauropoda saurischia yang hidup pada periode Jura Akhir, sekitar 156,3 hingga 145,5 juta tahun yang lalu. Brontosaurus adalah salah satu dinosaurus terbesar yang pernah hidup, dengan panjang hingga 27 meter dan berat hingga 38 ton.

Ciri-ciri fisik

Brontosaurus memiliki tubuh yang besar dan ramping, dengan leher yang sangat panjang. Leher brontosaurus bisa mencapai panjang hingga 15 meter, dan digunakan untuk mencapai daun-daun pohon yang tinggi. Brontosaurus juga memiliki kepala yang kecil, dengan mata yang kecil dan hidung yang besar.

Brontosaurus memiliki empat kaki yang kuat, yang digunakan untuk menopang tubuhnya yang besar. Kaki depan brontosaurus lebih pendek daripada kaki belakangnya, sehingga punggungnya melengkung ke bawah. Brontosaurus memiliki ekor yang panjang dan berat, yang digunakan untuk menjaga keseimbangannya.

Perilaku

Brontosaurus adalah herbivora, dan makan daun-daun pohon. Brontosaurus diperkirakan menghabiskan waktu sekitar 16 jam sehari untuk makan. Brontosaurus juga diperkirakan hidup dalam kawanan, yang terdiri dari puluhan individu.

Penemuan

Brontosaurus pertama kali ditemukan pada tahun 1879 oleh Othniel Charles Marsh. Marsh awalnya menamai dinosaurus ini Apatosaurus excelsus, yang berarti "kadal yang luar biasa". Namun, pada tahun 1903, Marsh memutuskan bahwa brontosaurus terlalu mirip dengan Apatosaurus, dan menamainya kembali Brontosaurus excelsus.

Pada tahun 2015, para ilmuwan memutuskan bahwa brontosaurus adalah genus yang valid, dan memisahkannya dari Apatosaurus. Keputusan ini didasarkan pada analisis tulang-tulang brontosaurus, yang menunjukkan bahwa brontosaurus memiliki beberapa perbedaan dengan Apatosaurus.

Kepunahan

Brontosaurus punah pada akhir periode Jura, sekitar 145,5 juta tahun yang lalu. Penyebab kepunahan brontosaurus masih belum diketahui secara pasti, tetapi diduga disebabkan oleh perubahan iklim dan bencana alam

LihatTutupKomentar