Mengenal Salah Satu Dinosaurus Berleher Panjang, Diplodocus


Diplodocus adalah salah satu jenis dinosaurus sauropoda yang hidup pada periode Jura Akhir, sekitar 155-150 juta tahun yang lalu. Dinosaurus ini termasuk dalam famili Diplodocidae, yang dikenal dengan leher dan ekornya yang panjang.

Ciri-ciri Diplodocus

Diplodocus memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Leher panjang, dengan panjang sekitar 26 meter.
  • Ekor panjang, dengan panjang sekitar 40 meter.
  • Tubuh besar, dengan panjang sekitar 30 meter dan berat sekitar 20 ton.
  • Kaki empat, dengan kaki depan yang lebih pendek dari kaki belakang.
  • Kerangka berongga, sehingga bobotnya menjadi lebih ringan.
  • Berkulit halus, tanpa sisik.


Perilaku Diplodocus

Diplodocus adalah herbivora, yang berarti memakan tumbuhan. Dinosaurus ini kemungkinan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk makan, dengan mengonsumsi daun dan ranting dari pohon-pohon tinggi. Diplodocus juga kemungkinan berjalan perlahan, dengan kecepatan sekitar 5 kilometer per jam.

Habitat Diplodocus

Diplodocus hidup di daerah yang beriklim hangat dan lembap. Dinosaurus ini kemungkinan hidup di hutan-hutan yang dipenuhi dengan pohon-pohon tinggi.

Keberadaan Diplodocus

Fosil Diplodocus pertama kali ditemukan pada tahun 1877 di Wyoming, Amerika Serikat. Sejak saat itu, fosil Diplodocus telah ditemukan di berbagai tempat di dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan Afrika.

Kepunahan Diplodocus


Diplodocus punah pada akhir periode Jura, sekitar 150 juta tahun yang lalu. Penyebab kepunahan Diplodocus masih belum diketahui secara pasti, tetapi kemungkinan disebabkan oleh perubahan iklim atau peristiwa alam lainnya.

LihatTutupKomentar